Sepotong Ujung Indonesia

Di satu sore saat matahari paling terakhir beranjak terbenam, sepasang turis asing menyelesaikan snorkeling di pantai yang sepi. Di ujung barat Indonesia sebuah pulau bernama Sabang atau biasa disebut pulau Weh berbenah menjadi satu destinasi wisata andalan.

Pulau kecil seluas 156,3 km² ini memiliki lanskap dan bawah air yang indah. Diving dan snorkeling menjadi kegiatan yang dipromosikan untuk menarik wisatawan mengunjungi pulau ini selain sensasi menginjak tugu Kilometer Nol, tugu yang menandai kedaulatan Republik Indonesia yang berupa kepulauan.

Pulau yang menjadi bagian Provinsi Aceh ini hanya bisa dijangkau menggunakan kapal ferry atau speedboat dari pelabuhan Ulee Lheue di Banda Aceh menuju pelabuhan Balohan di Sabang. Klah, Rubiah, Seulako, dan Rondo adalah gugusan anak pulau yang mengelilingi Sabang.

Permukaan pulau Sabang berupa perbukitan. Jalanan berkelok tajam dan naik turun menghubungkan titik wisata satu dengan yang lain. Ujung satu ke ujung lain di pulau ini dapat dicapai hanya satu jam berkendara dengan kecepatan sedang. Di kawasan pinggir pantai, pengendara harus hati-hati untuk tak terlena pemandangan saat mengemudi karena tepi jalan berupa ngarai atau jurang yang dalam.

Jangan kaget bila berpapasan dengan mobil-mobil yang tak beredar di Indonesia secara umum karena Sabang merupakan pulau duty free island. Saat berkeliling pulau, pengunjung kemungkinan berpapasan dengan patroli tentara dan menjumpai pos pengawasan berpenjaga.

Masyarakat Sabang sehari-hari berdialog dengan bahasa Aceh. Kebanyakan pria menghabiskan waktu luangnya untuk bersosialisasi, duduk berlama-lama di kedai kopi. Kesulitan Sabang untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata unggulan adalah tak tersedianya angkutan umum yang menjangkau titik-titik wisata, respon warga terhadap kepariwisataan yang rendah, serta tak adanya hotel mewah.

About taufanwijaya

Membaca, memotret, menulis, traveling, mendengarkan musik, dan makan sama enaknya... twitter @taufanwijaya_
This entry was posted in omongan. Bookmark the permalink.

One Response to Sepotong Ujung Indonesia

  1. asa says:

    ini enaknya ya pan bisa sambil jalan jalan..:-)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s