Jejak Kapitan di Kesawan

Kesawan di Medan terkenal sebagai sentra bisnis sejak abad ke-20. Di satu ruasnya, berdiri kokoh bangunan yang dikenal dengan kediaman Tjong A Fie. Berbentuk persegi dengan banyak jendela yang berpagar keliling, nuansa Tiongkoknya tetap kental dari gerbang dengan atap melengkung berornamen Cina.

Letaknya berseberangan secara diagonal dengan restoran Tip Top di Jalan Ahmad Yani yang bising. Memasuki gerbang berdaun kayu rapat, melalui taman melingkar, melihat genteng yang khas, lalu aksara Cina bercat emas di pintu utama, membuat pengunjung seperti melakoni sekuen film kungfu kolosal.

Di sisi kanan teras, duduk penjaga menunggu pengunjung. Untuk memasuki rumah kita harus lewat sisi samping. Kediaman milik orang penting di Medan pada masa lalu itu terbagi dalam bangunan utama dan bangunan penyangga. Bangunan penyangga berada di sisi kanan dan kiri serta bangunan yang lebih baru di belakang. Di belakang juga terdapat sepenggal tanah kosong, sumur, dan gerbang yang sederhana.

Bangunan utama berada tepat di tengah. Di sinilah Tjong A Fie (1860-1921) yang terlahir bernama Tjong Fung Nam tinggal. Tjong adalah pengusaha dan tokoh berpengaruh hingga memeroleh gelar  Kapitan Cina (Majoor der Chineezen) pada 1911 yang memimpin komunitas Tionghoa. Tjong sempat menikah tiga kali dan memiliki total 10 anak. Anak-anaknya yang kelak mewarisi harta, rumah dan isinya.

Bangunan yang mulai berdiri pada 1900 ini memiliki ruang-ruang bergaya Melayu, Eropa, dan tentu Cina yang konon diperuntukkan bagi beragam etnis tetamu Tjong. Ubin bergambar, partisi ruang berukir dan langit-langit masih asli dan terawat. Pengunjung juga dapat menikmati foto-foto Medan dan riwayat rumah ini seabad silam. Sayang hiasan, patung, dan sebagian furnitur yang nampak di foto sudah tak dapat kita temui.

Model: Noni, Haira, Imas

About taufanwijaya

Membaca, memotret, menulis, traveling, mendengarkan musik, dan makan sama enaknya... twitter @taufanwijaya_
This entry was posted in omongan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s