Tips Memotret Di Pesawat

Saat melakukan perjalanan udara seringkali pemandangan dari dalam pesawat menarik untuk dinikmati. Gumpalan awan yang seolah bisa dipegang, langit yang berwarna, atau bentangan lanskap. Memotret melalui jendela kadang menyenangkan.

Gunung Merapi dari ketinggian. Foto-foto: Taufan Wijaya

Gunung Merapi dari ketinggian. Foto: Taufan Wijaya

Namun memotret di pesawat komersial lebih sulit dibandingkan memotret di heli. Kesulitannya adalah keterbatasan prediksi serta keterbatasan gerak. Memotret di dalam pesawat komersial hanya dapat dilakukan melalui jendela sempit yang dilapisi kaca (dan pelapis plastik tambahan).

Berikut ini beberapa tips dari pengalaman saya memotret dari pesawat:

1.Pahami rute pesawat. Perkirakan arah pesawat untuk menentukan arah cahaya matahari yang kita kehendaki (kecuali penerbangan di tengah hari). Saat kita sudah menentukan arah cahaya, barulah memilih letak kursi. Misalnya rute Padang-Jakarta pada penerbangan pagi hari, maka cahaya matahari datang dari sisi kiri jendela. Bila ingin cahaya datang di depan kita, maka kita mengambil kursi paling kiri saat check in.

taufan-wijaya_foto-udara_32. Pesawat bergerak dan kadang terguncang maka gunakan speed tinggi. Setidaknya kecepatan rana di atas 1/250 detik.

(Searah jarum jam
Nikon 1 V1, lensa 30-110mm, f4, 1/500, ISO 100
Canon 50d, lensa 16-35mm, f5.6, 1/800, ISO 100
Canon PowerShot A70, f7.1, 1/300, ISO 100
Canon PowerShot SX210, lensa zoom di posisi 10mm, f4, 1/250, ISO 80)

taufan-wijaya_foto-udara3. Arahkan focus area di view finder pada daerah kontras. Bila objek adalah sekumpulan awan, fokuskan pada bagian awan tepat di batas terang dan gelap. Memfokuskan pada daerah awan yang gelap atau terang saja akan membuat kamera kesulitan mengunci fokus. Yang akhirnya membuat foto seperti out of focus.

Perbedaan letak fokus.

Perbedaan letak fokus.

4. Gunakan ISO rendah. Turunkan ISO serendah mungkin selama speed masih memungkinkan. Penggunaan ISO rendah untuk menghindari foto grainy.

5. Gunakan bukaan diagfragma di kisaran f5.6. Bukaan kecil yang berarti depth of field luas berguna untuk menangkap detail gambar. Tapi ingat, pengunaan bukaan diagfragma yang lebih kecil membuat lapisan jendela sedikit terekam (yang menurunkan kejernihan gambar). Sedangkan bukaan yang lebih lebar membantu mereduksi kualitas optis jendela, tapi dampaknya depth of field jadi sempit.

6.Letakkan lensa sedekat mungkin dengan kaca jendela, bahkan hingga menempel antara permukaan jendela dengan ring filter. Benda yang dekat dengan lensa bukanlah focus area (ingatlah saat memotret hewan liar lewat jaring di kebun binatang, saat lensa ditempelkan ke jaring maka seolah-olah jaring itu lenyap), maka prinsip ini juga berlaku saat memotret melalui kaca jendela. Semakin dekat lensa ke permukaan jendela, gambar yang dihasilkan semakin jernih. Hal ini juga untuk menghindari efek flare dan refleksi di permukaan jendela terekam dalam foto. Ingatlah untuk mematikan lampu kilat pada kamera compact dengan memastikan simbol flash (tanda petir) disilang.

7. Sering-sering melihat jendela di depan kita agar mudah memprediksi cakupan area yang akan kita lihat melalui jendela milik kita.

taufanwijaya_pesawat_plane_jet

8. Terakhir tentu saja bawalah kamera. Karena telepon selular anda tak boleh diaktifkan🙂
IMG_3862

About taufanwijaya

Membaca, memotret, menulis, traveling, mendengarkan musik, dan makan sama enaknya... twitter @taufanwijaya_
This entry was posted in omongan and tagged , , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Tips Memotret Di Pesawat

  1. must says:

    Terimakasih mas Taufan atas tips nya.. semoga sukses..

  2. CUKUP BERGUNA DAN BERMANFAAT BANGG
    THANKSSS🙂

  3. isna saragih says:

    selalu suka sat landing di jogja, pemandangan merapi merbabu dan sindoro sumbing di kejauhan ..
    salam kenal, info yg berguna

  4. winnymarch says:

    buset Taufan karyamu masterpiece,, ajarin aku😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s