“Kartini” Pencipta Beton

Mendung menghalangi terik, namun hawa panas mengambang di permukaan tanah. Itulah yang membuat Robiati (25) lebih sering menyeka keringat menggunakan punggung tangan. Rambutnya bersembunyi di balik bandana sehingga tak mengganggu gerak; menyekop, mencetak, dan mengangkat bakal beton persegi.

Foto-foto: Taufan Wijaya

Foto-foto: Taufan Wijaya

“Sudah 12 tahun,” jawabnya singkat saat saya bertanya berapa lama ia bekerja membuat batako. Ia bekerja di halaman rumahnya yang berdiri di atas lahan pemukiman liar di Nongsa, Batam.

Dalam sehari Robiati mampu mencetak sekitar 400 biji batako, dengan harga Rp 1.000 per biji. Menurut perhitungannya, dari harga itu ia bisa mengambil keuntungan sekitar Rp 300 tiap biji batako. Meski begitu, tak sekali ia terkena ulah penipu yang mengambil batako buatannya tanpa membayar.

Robiati mengerjakan pekerjaan kasar mulai mengangkut pasir, mencampurnya dengan semen pada perbandingan tertentu menggunakan gerobak, hingga menjemur batako basah. Ia menggunakan sarung tangan agar telapaknya tidak terkelupas.

batako_taufan01batako_taufan02batako_taufan05batako_taufan06Meski tak setangkas baker mengaduk adonan kue, gerak Robiati memperlakukan semen dan pasir tak memunculkan kesan malas. Ia begitu tekun menghasilkan batako yang mungkin telah kesekian ratus saat saya datang.

Peringatan Hari Kartini baru saja berlalu, tapi Robiati hanya tahu bagaimana mencetak batako sebanyak-banyaknya. Kemudian menunggu pembeli datang dan menggunakan uangnya untuk mencukupi kebutuhan hidup serta modal berproduksi kembali.

About taufanwijaya

Membaca, memotret, menulis, traveling, mendengarkan musik, dan makan sama enaknya... twitter @taufanwijaya_
This entry was posted in omongan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s