Hidup Baru

“It’s amazing how a low self-esteem and a huge ego can give you delusions of grandeur,” kata Tyson. Mike Tyson setelah kehilangan gelar juara dunia tinjunya terpuruk, dipenjara, dan bangkrut. Tapi ia kemudian bangkit seperti yang dituturkannya dalam film Undisputed Truth arahan Spike Lee.

Saya dan Anda telah sering mendengar cerita-cerita pertobatan. Tapi tunggu, bukan cerita seleb seronok yang mendadak tampil santun karena jadi caleg di musim pemilu, namun cerita tentang kehidupan di luar politik.

Banyak orang terpaksa, dipaksa, atau terjerumus dalam kehidupan kelam lalu kemudian bangkit dan menjadi baik. Semua orang punya hak untuk menjadi baik, dan tantangan menjadi baik adalah dicibir orang-orang yang duluan baik—atau yang hanya sekadar terlihat baik. Saya salut pada orang yang dari jelek menjadi baik, bukan karena saya pernah salah dan sedang berusaha menjadi baik, tapi upaya memperbaiki diri lebih berharga ketimbang orang baik yang sejak awal memang (melulu) baik.

Bolehlah mengambil contoh kisah band anak muda era 2000, Slank, yang lepas dari jerat narkotika. Atau kisah Jay-Z yang ia bukukan bersama lirik lagunya.

Kemarin saya pulang ke kampung emak saya. Tetangga sebelahnya adalah teman semasa kecil saya yang lima tahun lalu menjadi penjudi dan tukang ribut. Teman saya itu terkenal se-kecamatan karena sering membuat onar. Yang membuat saya heran adalah cerita bapak saya bahwa teman saya ini menjadi alim. Konon teman saya itu menjadi rajin salat dan aktif mengaji.

Di siang hari yang senggang teman saya baru saja membeli pisang, katanya untuk camilan pengajian nanti malam. Saya bilang padanya bahwa setelah saya beres-beres saya akan berkunjung ke rumahnya untuk mengobrol. Dan siang hingga sore itu kami berdiskusi tentang Muhammadiyah, NU, FPI, dan Islam. Dia menyuguhi saya kopi dan ubi goreng. Saya benar-benar takjub, Tuhan benar-benar maha pemberi kesempatan. Siapa yang mau menjadi baik akan diterimanya dalam cinta.

 

About taufanwijaya

Membaca, memotret, menulis, traveling, mendengarkan musik, dan makan sama enaknya... twitter @taufanwijaya_
This entry was posted in omongan and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

