Sentuhan Kemurnian

DSC_3927Bertepatan dengan pergantian tahun pada Januari lalu, sebuah perhelatan seni digelar di Candi Sukuh, Karanganyar, Jawa Tengah. Di atas hamparan kebun teh yang sejuk, para penyaji yang terangkum dalam Srawung Seni Candi menghibur masyarakat sekitar.

Ada getar mistis ketika para penari satu per satu meliuk sementara kabut dataran tinggi mengambang membungkus susunan dinding dan patung-patung candi. Rupanya Mbah Prapto, pentolan Padepokan Lemah Putih yang menggagas gelaran ini memang menginginkan sentuhan pada jiwa-jiwa murni penduduk di pedesaan itu.

Srawung Seni Candi adalah acara festival kesenian tahunan. Gelaran yang berlangsung dua hari ini diisi pementasan seniman, malam tirakatan, seminar, workshop bambu, dan pembagian bibit tanaman bagi para pengunjung. Budayawan dan sastrawan Seno Gumira Ajidarma serta seniman Rahayu Supanggah menjadi pembicara di sesi seminar tentang budaya.

Gerimis sedikit demi sedikit mulai turun dan dingin membekap ketika Astri Kusuma Wardani bersama kelompoknya membawakan tari kontemporer yang begitu menggoda. Penonton pun tak surut. Ia termasuk satu di antara 29 seniman dari berbagai kota dalam negeri dan luar negeri seperti Singapura, Jepang, Jerman, Spanyol, Meksiko, Rusia, Serbia, dan Inggris.

Gelaran seni ini tergolong unik karena selain diisi oleh seniman-seniman dari berbagai daerah juga diadakan di candi yang jauh dari hiruk pikuk kota. Candi yang jauh dari ketenaran seperti Borobudur dan Prambanan. Masyarakat di pedesaan bertanah subur tapi tercekat dahaga seni ini menjadi kaya batin lewat gelaran gratis ini. Pada akhirnya masyarakat jelata yang gersang hiburan dapat tersirami.

About taufanwijaya

Membaca, memotret, menulis, traveling, mendengarkan musik, dan makan sama enaknya... twitter @taufanwijaya_
This entry was posted in omongan and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s