Mengenang Berita Lempang Di Medan

Berita lempang biasa disebut spot news atau stright news, artinya secara sederhana adalah berita langsung yang lugas. Saat mencari-cari suatu naskah ketikan, saya nemu naskah berita ini.

Naskah yang saya buat lebih dari tiga setengah tahun lalu ini saya posting agar tidak hilang dari harddisk saya yang berumur tak akan lama lagi🙂

Lomba Pidato Inggris SMA se-Medan

MEDAN, #####(nama media) – Rangkaian kalimat berbahasa Inggris bersahutan dari tiga ruang di Taman Budaya Medan di Jalan Perintis Kemerdekaan, Rabu (29/9). Beberapa siswa berseragam abu-abu sibuk mempersiapkan diri berbicara di depan pesaingnya dan dewan juri.

Itulah suasana lomba bertajuk “Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat SMA seKota Medan” yang diikuti 231 peserta tingkat SMA baik sekolah negeri maupun swasta. Peserta mulai bersiap beradu kemampuan berbahasa Inggris sejak pukul 08.00 WIB.

“Lomba pidato ini adalah tahun kedua yang kami selenggarakan,” ujar Ketua Panitia Sugerno. Ia menambahkan, tujuan diadakannya lomba ini untuk meningkatkan mutu bahasa Inggris siswa di Kota Medan.

Lomba yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Kota Medan ini dibagi dalam dua tahap, yaitu penyisihan dan final. Pada tahap penyisihan, total jumlah peserta dibagi dalam tiga ruangan untuk mencari masing-masing 20 peserta yang maju ke tahap berikutnya. Tema pidato tahap ini adalah Challenges of Life.

Pada tahap terakhir (hari ini), sebanyak 60 peserta akan memperebutkan juara I, II, III, serta juara Harapan I dan II. Mereka yang mendapat juara nantinya akan memeroleh trofi dan uang pembinaan. “Besar uang hadiahnya saya belum tahu, dananya belum cair,” kata Sugerno.

Mengenai keterwakilan jumlah siswa dari sekolah, panitia menyerahkan semuanya pada Sub Rayon. Citra Dewi, guru pedamping SMA Harapan Mandiri mengatakan jumlah wakil sekolah bisa lebih dari lima orang, hal ini disampaikan panitia sebulan sebelumnya. “Tapi kami hanya mengajukan dua orang, karena sakit hanya bisa ikut satu,” kata Citra.

Zivana Sabili, siswa kelas dua SMA 3 Medan mengaku mengikuti lomba ini tanpa persiapan. “Spontan aja, karena baru tahu kemarin,” kata Zivana. Undangan dari panitia lomba yang mendadak membuatnya tak punya waktu bersiap. Menurutnya, tema yang diajukan panitia pun masih simpang siur sesaat sebelum tahap penyisihan berlangsung.

Hal serupa juga dialami Ernawati, siswa kelas tiga wakil SMA Harapan Mandiri. “Saya baru dikabari guru semalam, jadi kalang-kabut untuk buat naskah pidato,” katanya. Malam itu Ernawati dua jam menulis tangan naskah pidato dalam kertas berukuran folio. “Harapan saya panitia lebih mempersiapkan dengan baik, termasuk aturan penilaiannya,” ujar Ernawati. (fan)

About taufanwijaya

Membaca, memotret, menulis, traveling, mendengarkan musik, dan makan sama enaknya... twitter @taufanwijaya_
This entry was posted in omongan and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s