Becak Ilmu

Di Kecamatan Pracimantoro, ujung Jawa Tengah, anak-anak usia sekolah dasar sulit mengakses buku bacaan. Perpustakaan di sekolah-sekolah mereka tidak terurus karena sekolah kekurangan pegawai.

Pendidikan anak yang kurang, berdampak pada kehidupan masyarakatnya. Perjudian tumbuh subur dan motivasi bekerja rendah. Banyak anak bingung menyebut apa cita-cita mereka kelak setelah dewasa.

Desain Becak Ilmu.

Desain Becak Ilmu.

Saya bermimpi untuk mendirikan perpustakaan di sana. Tapi mendirikan perpustakaan tak mudah, perlu modal mendirikan bangunan permanen dan mencari sukarelawan sebagai penjaga. Mimpi ini terus terngiang dan semakin menggema tatkala saya tinggal di Jogja—dua setengah jam perjalanan ke Pracimantoro.

Kemudian muncullah ide untuk membuat perpustakaan keliling. Pilihannya pada angkutan becak karena unik dan jarang ditemui di kecamatan ini. Saya berpikir bentuknya saja bisa menjadi daya tarik, karena targetnya adalah anak-anak TK-SD dan ibu mereka. Perpustakaan keliling ini saya namai “Becak Ilmu”.

Becak Ilmu akan berkeliling di empat titik tempat berkumpul anak-anak tiap hari Minggu. Pengayuhnya adalah remaja sukarelawan setempat. Satu becak menampung 200 buku termasuk majalah. (Di masa depan, semoga Becak Ilmu bisa turut hadir di sekolah-sekolah sehingga siswa bisa membaca saat jam istirahat.)

Saya beruntung ada Fitri, teman yang mendukung gagasan ini. Kami mengumpulkan uang untuk membeli becak. Saat ini kami masih membutuhkan sumbangan buku, biaya berlangganan majalah (Bobo, Mombi, dan Natgeo Kids), serta biaya perawatan becak (ban, rantai, rem).

Bila Anda ingin ikut berpartisipasi, saya bisa dihubungi melalui email tofanism@yahoo.com

About taufanwijaya

Membaca, memotret, menulis, traveling, mendengarkan musik, dan makan sama enaknya... twitter @taufanwijaya_
This entry was posted in omongan and tagged . Bookmark the permalink.

3 Responses to Becak Ilmu

  1. winnymarch says:

    buku-bukunya boleh yang bekas tak?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s