Foto Esai

Ada kalanya untuk menceritakan sesuatu baik peristiwa, keadaan, dan konflik tidak cukup hanya menggunakan gambar tunggal (single photo), melainkan rangkaian foto. Bentuk penyajian seperti inilah yang disebut Foto Cerita (photo story).

Pada penyajian foto tunggal, satu gambar dapat berdiri sendiri dan tidak memerlukan bantuan foto lain untuk membangun cerita. Sedangkan Foto Cerita adalah pendekatan bercerita dengan menggunakan beberapa foto dengan tambahan teks untuk menjelaskan konteks atau latar belakang.

Foto Cerita mampu menyampaikan pesan lebih kuat, membangkitkan semangat, menghadirkan perasaan haru, menghibur, hingga memancing perdebatan.

Bentuk Foto Cerita modern dikenalkan W. Eugene Smith saat masih bekerja untuk LIFE pada tahun 1940-an. Karya-karyanya yang dikenal antara lain “Nurse Midwife”, “Minamata”, “Country Doctor”, “Pittsburgh”, “Albert Schweitzer—A Man of Mercy”, dan “Labyrinthian Walk.”

Cerita dokter negeri Ernest Ceriani yang dibuat Smith untuk majalah LIFE tahun 1948 menunjukkan dedikasi seorang dokter negeri dan menyampaikan realitas hidupnya di pinggiran Kremmling, Colo. Smith tinggal bersama dokter tersebut selama 23 hari dan memotret aktivitasnya sehari-hari, termasuk ketika menangani pasien darurat.

129068_origBanyak orang menyamakan semua bentuk Foto Cerita sebagai Foto Esai (photo essay). Namun sejatinya sajian Foto Cerita lebih beragam. Selain Foto Esai, cerita dapat disajikan dalam bentuk Deskriptif (descriptive)—termasuk di dalamnya bentuk “Series“, dan Naratif (Narative). (Dua bentuk terakhir akan saya jelaskan dalam tulisan terpisah)

Foto Esai selalu memperlihatkan cara pandang (point of view) fotografer terhadap suatu isu secara jelas. Fotografer Brian Plonka membuat Foto Cerita berjudul “Alcohol: Bring Us Together” yang berisi gagasan dia tentang “sisi baik alkohol.” Foto-foto di dalamnya berisi kekompakan dan kesenangan yang tercipta dari minuman keras. Karyanya tersebut termasuk dalam bentuk Foto Esai karena ia menampilkan alkohol menurut gagasannya sendiri dari satu sudut pandang.

Minamata adalah Foto Cerita panjang dalam bentuk Foto Esai. Lewat Minamata Smith bercerita tentang polusi merkuri di Minamata, Distrik Kyushu di Jepang. Foto Esai tersebut secara kuat mengungkap korban terdampak racun.

Foto Esai adalah satu bentuk Foto Cerita yang berisi rangkaian argumen. Muatan opini dari fotografer sangat besar di bentuk ini. Biasanya Foto Esai menggunakan teks dalam porsi panjang dan bisa saja tidak dikerjakan sendiri oleh si fotografer, melainkan oleh penulis sebagai tim. Teks yang panjang seringkali berisi data-data, statistik, dan analisis.

Foto karya Smith dalam Minamata.

Foto karya Smith dalam Minamata.

About taufanwijaya

Membaca, memotret, menulis, traveling, mendengarkan musik, dan makan sama enaknya... twitter @taufanwijaya_
This entry was posted in Jurnalistik and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s